Pada hari Rabu, 12 Mei 2010 ketika sedang memulai program Magister Pariwisata (S2 Pariwisata) mendapatkan tantangan dari Prof. Azril Azahari, Ph.D, “bisakah ujian saringan masuk di laksanakan dengan menggunakan komputer dan langsung dikoreksi sebelum peserta ujian selesai mengerjakan ujian ?”. Ketika itu jawaban saya “pada prinsipnya bisa Prof, kami akan coba (padahal dalam hati masih ragu-ragu…he..3x)”. Ketika itu langsung teringat bahwa saya pernah men-download dan menginstall software elearning yang beranma Moodle, tapi karena belum memerlukannya, maka di hapus lagi.

Dari tantangan itu, saya langsung download Moodle 1.9.8+ langsung extract dan instalasi pada hari yang sama. Awalnya instalasi ditempatkan pada PC yang di install WAMP (Windows Apache MySQL PHP) yang sebelumnya sudah terinstall CMS Joomla. Berbekal pengalaman instalasi software opensource Joomla, instalasi Moodle tidak ada kendala yang berarti.  Setelah terinstall timbul kebingungan “Bagaimana memenuhi permintaan agar bisa melaksanakan Ujian secara ONLINE ?”

Setelah utak-atik ketemulah Modul QUIZ pada moodle yang bisa melaksanakan Ujian online itu… Tidak berhenti sampai disitu saja, masih timbul permasalahan-permasalahan berkaitan dengan Grading / Penilaian. Dengan bantuan forum moodle dan mbah google, seluruh permasalahan dapat diatasi.

Ujian Saringan Masuk di rencanakan pada hari Senin, 17 Mei 2010, namun karena ada salah satu peserta yang tidak bisa dengan jadwal tersebut dan meminta di majukan, maka pada hari Jum’at, 14 Mei 2010 ujian saringan masuk di laksanakan secara komputer di dalam jaringan. Alhamdulillah pada saat itu pelaksanaannya berjalan dengan baik.

Masih banyak lagi yang mesti dikembangkan dari Moodle ini tidak hanya sekedar sebagai Ujian Online saja, tapi sebagai tempat Kuliah Online Magister Pariwisata Pertama di Indonesia ini.

Kendala utama yang susah untuk dihindari saat ini adalah bandwith yang kurang memadai untuk Pembelajaran Online ini, tidak percaya ? silahkan lihat dan kunjungi  “http://www.pasca.stptrisakti.ac.id/tlms/”

Leave a Comment on Cikal bakal Elearning 3TELL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *