Welcome to Malik Mustofa Website

Kamera Digital "Nyelam" ke air, masih normal ?

User Rating:  / 0
PoorBest 

Beberapa waktu yang lalu saat ke Bedugul, Bali, kamera digital yang aku pakai merek terkenal *ano* tipe PS-**100IS "nyelam" ke air. Langsung saja batere dilepas dan dikeringkan (seadanya). Setelah beberapa saat, batere dipasang lagi dan hasilnya bisa digunakan dengan normal. Namun karna masih terlihat berair dan masih merasa belum bener-bener kering, maka kamera saya "istirahatkan" dengan melepas batere.

Besoknya kamera dicoba untuk dinyalakan dan ketika itu langsung meminta memasukkan setting tanggal dan jam di kamera. Ketika dimatikan dan dinyalakan lagi meminta memasukkan setting tanggal dan jam lagi. Waduh... ya sudahlah istirahat saja dan nanti sesampai di Jakarta di perbaiki ke tempat service resmi.

Sesampai di Jakarta kamera saya bawa ke service center resmi di daerah Jl Dharmawangsa Jakarta Selatan dengan laporan :

1. Ketika ambil video, zoom tidak berfungsi (kerusakan sudah lama / sebelum nyelam)

2. Ketika kamera dinyalakan selalu meminta memasukkan setting tanggal dan jam, setelah nyelam

Kamera diterima dan akan dilakukan pengecekan ke kantor pusat di daerah Jakarta Pusat dan di janjikan sekitar 3 hari akan dihubungi untuk hasil pengecekannya. Tiga hari kemudian saya cek status service melalui Internet, statusnya masih "Proses Pengecekan", hari berikutnya cek lagi via internet sampai beberapa hari berikutnya masih berstatus "Proses Pengecekan". Karena status tidak berubah sudah seminggu lebih akhirnya saya telpun ke kantor pusatnya. Al hasil keesokan harinya saya di hubungi untuk pelaporan satus service.

Cukup terkejut juga hasil pengecekan san saran yang diberikan, harus ada penggantian part beserta harganya. Part tersebut adalah :

1. CYI. 6735-000, Optical unit (Rp 995rb)

2. CMI. 4155-000, Batre Backup (Rp 140rb)

plus ongkos server (Rp. 220rb)

Atau diberikan opsi untuk menukarkan kamera tersebut dengan kamera tipe lain (SX120) dengan menambah Rp. 2.000.000,-.

Spontan aja saya jawab... "hah.... mahal banget....".

Karena Lensa optic saya rasa tidak begitu penting (kerusakannya), saya minta opsi "kalo ganti Batere Backup aja yang di ganti bagaimana ?" petugas menjawab "gak bisa Pak", "ya udah kalo gitu saya coba bicara dengan tehnikal supportnya" jawab saya. Kemudian telp disambungkan ke telp lain, tapi saya gak bisa bicara dengan tehnikal support. "Ya sudah kalo gitu saya batalin saja dech" kata saya, kemudian customer service menjawab "baik Pak, barang segera dikembalikan dan Bapak kena biaya Rp 110.000,- untuk pembatalan"

Setelah barang diambil, saya berpikir untuk service di toko-toko / tukang service non resmi, pas kebetulan datang ke Mall Ambasador saya tanyakan untuk service. Di cek-cek sebentar dan akhirnya toko bilang "gak bisa diservice Pak".

Akhirnya saya bawa pulang lagi sambil berpikir gimana nich supaya bisa normal kembali ???

Dengan modal nekat, kamera saya bongkar sendiri dengan harapan setelah dibersihkan dalamnya kamera bisa normal kembali. Ketika membongkar itu,  baru sadar kalo ada batere kecil (CR12220) yang terpasang, dan saya langsung menduga batere inilah penyebabnya.

Tanya-tanya ke toko-toko listrik, studio foto dan toko kamera tentang batere tersebut ternyata gak ada yang jual. Ketika ke Mall Ambasador lagi ternyata di etalase ada yang jual dengan harga Rp 15.000,-.  Setelah batere tersebut saya pasang ternyata memang benar dengan mengganti batere yang dijual 15rb (dealer jual 140rb) kamera bisa normal kembali tanpa meminta memasukkan tanggal dan jam ketika dinyalakan.

Kesimpulanku :

  • Jika kamera atau perangkat elektronik Anda nyelem ke air, sebaiknya  segera lepaskan batere dan keringkan perangkat sampai bener-bener kering.
  • Jika menemukan masalah dengan tanggal dan jam di perangkat tersebut, cobalah mengganti batere backupnya
  • Jika masih bermasalah, silahkan hubungi dealer Anda dan bersiaplah untuk merogoh kocek yang dalam untuk perbaikannya atau menerima tawaran tukar tambah

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Login Form

Who's Online

We have 51 guests and no members online

Vinaora Visitors Counter

2481102
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
188
238
1307
2477048
45435
118476
2481102

Your IP: 54.198.246.116
Server Time: 2017-11-23 20:31:00