Adanya error message tersebut menyebabkan performa NAS anjlok banget sehingga susah di akses, dan VMWare yang mengunakan iSCSI dari NAS tersebut mati total karena tidak menemukan Datastore-nya.

NAS tersebut kapasitasnya 16TB dengan pemakaian yang terlihat adalah 8,5TB (7,7 TB iscsi dan 838 GB share folder)

Dari situ mestinya freespace masih tersisa sekitar 7,5TB, namun ternyata muncul pesan penggunaan-nya sudah lebih dari 80% (80% * 16TB) > 12.8TB, seperti terlihat pada gambar berikut ini… penggunaan sudah mencapai 82.47% (13.10TB)

Muter-muter cari solusi kok banyak sebagian tidak menjawab dengan tepat, diskusi dengan programmer saya Pak YH sempat pusing juga.

Alhamdulilah Pak YH begitu semangatnya kalo melakukan troubleshoot sampai-sampai semalaman tidak tidur untuk memecahkan masalah ini…

Dari forum qnap ada salah satu topik tentang “Hidden used voulme space” yang memberikan secercah harapan. Untuk bisa melihat file apa saja yang bercokol di Volume harus mengakses melalui ssh, maka dengan menggunakan putty dengan beberapa perintah linux dapat menampilkan file-file apa saja yang ada.

Rupanya penuhnya kapasitas ini di sebabkan oleh cache iscsi sudah tidak terpakai dan mestinya sudah terhapus eh ternyata masih saja tetap bercokol pada NAS. File-file tersebut berada pada folder “/share/CACHEDEV1_DATA/.@iscsi.img”, namun demikian masih belum yakin juga apakah semua file ini hanyalah file sampah atau juga termasuk file yang masih aktif

Dengan perintah #rm nama_file, maka file tersebut terhapus dan free space bertambah

Saya sangat berterima kasih kepada Pak YH yang tanpa patah arang selalu memecahkan kebuntuan

Leave a Comment on QNAP “[Storage & Snapshots] Volume “DataVol1″ has reached the space alert threshold of 80%”

Leave a Reply

Your email address will not be published.